Cari Blog Ini

Kamis, 01 Agustus 2024

Pelaku UMKM Naik Kelas Bersama Teman UMKM Cilacap

Ketua Dekranasda Cilacap Fitri Awaluddin Muuri
Ketua Dekranasda Kab. Cilacap Fitri Awaluddin Muuri saat membuka Teman UMKM Naik Kelas (dok. Teman UMKM Cilacap/Khania)

Oleh: Gita FU

CILACAP, kopidarigita.com--Sobat kopidarigita, apa kalian pernah mendengar tentang Teman UMKM Cilacap? Sini kukasih tahu. 

Teman UMKM Cilacap itu merupakan bagian dari Smartfren Community, yang konsen mendukung  pemberdayaan UMKM, melalui salah satu Program Panca Garda yaitu Garda Pertumbuhan.

Nah,  beberapa waktu lalu tepatnya Senin, 15 Juli 2024, sebanyak 70 orang pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di wilayah Cilacap yang telah dikurasi, menerima pelatihan dan pendampingan dari Teman UMKM Cilacap. Lokasinya  di Aula PLUT, Jl. Dr. Soetomo, Sidakaya, Cilacap. 

Nama program pelatihan dan pendampingannya ialah Teman UMKM Naik Kelas. Di situ para pelaku UMKM  diajari bagaimana membuat konten keren untuk UMKM. Keren, kan? Tujuannya jelas, memanfaatkan teknologi internet demi taraf hidup yang lebih baik. 

Teman UMKM Naik Kelas ini terdiri dari 3 (tiga)  sesi pelatihan, yang dilaksanakan sebulan sekali. Dengan kata lain, berlangsung dalam tiga bulan, Juli hingga September. 

 Nah, sobat tahu, nggak?  Kelak di akhir pelatihan akan dipilih 5 (lima) UMKM terbaik, yang akan mendapat bantuan modal usaha total 10 juta rupiah! Lalu untuk  1 (satu)  orang yang  paling rajin mengunggah konten, bakalan mendapat hadiah 1 (satu) unit smartphone dari Smartfren. Wow, kan? 

Oh, iya, sobat. Sesi pertama tempo hari dibuka oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Cilacap, Fitri  Awaluddin Muuri. Selain itu hadir pula Kepala Dinas Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Cilacap  Umar Said, didampingi Kabid UMKM, Corporate Communications & CSR Smartfren Linda Octaviana, dan Direktur Teman UMKM Cilacap Sugeng Paijo. 

Fyi, nih, sobat. Sugeng Paijo sendiri adalah pelaku UMKM Cilacap, yang telah berhasil membawa usaha miliknya (Jajanan Mamake) naik kelas ke level nasional, lho! 

Melalui acara pelatihan dan pendampingan bagi  UMKM Cilacap tersebut, Sugeng Paijo berharap dapat membawa dampak signifikan. 

"Harapannya Teman UMKM Naik Kelas ini bisa berdampak pada volume penjualan produk UMKM Cilacap, sehingga semakin banyak UMKM Cilacap yang naik kelas," tandasnya. 

Mari kita aminkan, sobat. 

 Baca juga: Belajar Optimasi Marketplace bersama Teman UMKM Cilacap 

#TemanUMKMCilacap #SmartfrenCommunity #UMKMCilacap


Tidak ada komentar:

Posting Komentar