Cari Blog Ini

Senin, 02 September 2024

Angka Stunting Tinggi, Kelurahan Gumilir Luncurkan Geber Gugah Si Tini

Camat Cilacap Utara memberi sambutan
Trias Handayani Camat Cilacap Utara memberikan sambutan pada peluncuran Geber Gugah Si Tini (dokpri/ Gita FU) 

Oleh: Gita FU

CILACAP, kopidarigita.com -- Pemerintah Kelurahan Gumilir, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, meluncurkan program perubahan bertajuk Geber Gugah Si Tini, akronim Gerakan Bersama Gumilir Cegah Stunting Sejak Dini, di Pendopo Kelurahan Gumilir, Jl. Tentara Pelajar, Cilacap, pada Senin (2/9/2024) pagi. 

Hadir dalam acara ini Budi Setyono Lurah Gumilir, Trias Handayani Camat Cilacap Utara serta jajarannya, Danramil Cilacap Utara diwakili oleh Babinsa Gumilir, Kapolsek Cilacap Utara diwakili oleh Bhabinkamtibmas Gumilir, pejabat struktural Dinas Ketahanan Pangan dan Perkebunan Cilacap.

Hadir pula Kepala Puskesmas Cilacap Utara I, Direktur STIKES Graha Mandiri Cilacap,  perwakilan dari PT. SBI Cilacap, Koordinator PLKB, dan TKSK Cilacap Utara. 

Sementara ratusan warga yang hadir merupakan warga yang terdata sebagai Keluarga Resiko Stunting.  Mereka terdiri dari 107  warga Kelurahan Gumilir, dan 107 warga Kelurahan Mertasinga.

Budi Setyono selaku Lurah Gumilir menegaskan dalam kata pengantarnya, bahwa pengentasan angka stunting merupakan program nasional. Demi mewujudkan harapan di tahun 2045, yakni Indonesia Emas.

Camat Cilacap Utara  menyatakan bahwa Geber Gugah Si Tini diluncurkan oleh Kelurahan Gumilir, untuk mengentaskan angka stunting khususnya di Gumilir.

"Di Gumilir cukup tinggi (angkanya), 23 balita masuk kategori stunting," kata Trias di depan hadirin. 

Trias menegaskan keberhasilan Proper (Program Perubahan) dari Lurah Gumilir ini perlu kolaborasi banyak pihak. Tidak hanya dari pemerintah, pihak swasta, dan masyarakat pun harus mau ikut terlibat. 

Menurut Trias, stunting atau hambatan tumbuh kembang memiliki banyak faktor penyebab, di antaranya  pola asuh orang tua, dan asupan makanan.  Maka ia menghimbau para orang tua untuk memantau pertumbuhan anak-anaknya. 

Setelah dibuka secara resmi, acara dilanjutkan dengan  pemberian bantuan dari Dispabun Cilacap, berupa paket telur dan daging ayam beku. 

Sinergi Demi Pengentasan Stunting di Cilacap

Pemberian bantuan secara simbolis
Budi Setyono Lurah Gumilir memberikan bantuan secara simbolis (dokpri/GFU)

Ketika ditemui terpisah usai acara seremonial, Trias Handayani kembali menggaris bawahi latar belakang Geber Gugah Si Tini.

"Penanganan stunting di Cilacap selalu berkoordinasi dengan Puskesmas, PKK, dan kader-kader.  Program Perubahan (Proper) Geber Gugah Si Tini adalah program kelurahan untuk mengurangi angka stunting di Kelurahan Gumilir. Melibatkan stakeholder-stakeholder di Cilacap Utara," katanya kepada penulis. 

Ia berharap dengan program ini ada kepedulian dari banyak pihak, termasuk perusahaan swasta dan masyarakat secara langsung. 

Kemudian Trias menghimbau kepada warganya agar mau memanfaatkan pekarangannya, untuk ditanami sayur-mayur sebagai penyokong kebutuhan pangan keluarga. 

Budi Setyono juga memberi pernyataan senada. Ia mengajukan Proper pencegahan stunting karena merasa program yang telah berjalan sebelumnya masih bersifat parsial. 

"Sebenarnya Geber Gugah Si Tini muaranya menginginkan gerakan bersama dari semua pihak dan stakeholder yang peduli memangani masalah stunting, tidak hanya Pemerintah tapi juga swasta, Perguruan Tinggi, dan lainnya," ungkap Budi. 

Ia menyebut comtoh peranan PT. SBI, yang sudah membangun sebuah kawasan yang berisi fasilitas termasuk fasilitas KWT (Kelompok Wanita Tani), untuk menanam sayuran, dan memelihara ikan di kolam. 

"Jadi kegiatan dari pihak SBI  bisa  menyokong pemenuhan gizinya. Dari STIKES membantu sosialisasi pencegahan stunting. Kelurahan menggerakkan semua stakeholder untuk bergerak bareng," tandasnya.

Menurut Budi, Proper Geber Gugah Si Tini akan dievaluasi setelah jangka 4-6 bulan mendatang. Ia berharap hasilnya kelak bisa berkelanjutan hingga tak ada lagi kasus stunting baik di Gumilir maupun Cilacap.

Kelurahan Gumilir sendiri menempati peringkat pertama di antara tiga kelurahan lain yang bernaung di bawah UPTD Puskesmas Cilacap Utara I (Gumilir, Mertasinga, dan Kebon Manis). Sedangkan angka stunting tertinggi se-Kecamatan Cilacap Utara dipegang oleh Kelurahan Tritih Kulon. 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar